cover
Contact Name
Fetro Dola Syamsu
Contact Email
defetro@gmail.com
Phone
+6285274164449
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
ISSN : 23553790     EISSN : 25794655     DOI : -
Core Subject : Education,
Bionatural : jurnal ilmiah pendidikan Biologi publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2022): BIONATURAL: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN BIOLOGI" : 4 Documents clear
Peran Panglima Laot dalam Pelestarian Populasi Ikan Melalui Sistem Tarek Pukat Menuju Kesejahteraan Nelayan Berkelanjutan Pada Kawasan Pesisir Gampong Jawa Banda Aceh Maryam Maryam; Asriani Asriani; Erdi Surya; M. Ridhwan; Armi Armi; Lukmanul Hakim
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 9, No 2 (2022): BIONATURAL: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN BIOLOGI
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Telah dilakukan penelitian dengan judul Peran Panglima Laut dalam pelestarian populasi ikan melalui system tarek pukat menuju Kesejahteraan Nelayan Berkelanjutan pada Kawasan Pesisir Gampong Jawa Banda Aceh, Adapun yang menjadi Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyaknya sampah di daerah bibir pantai, penangkapan ikan tidak boleh  menggunakan labuh jaring, bahan peledak, yang mengakibatkan kurangnya pendapatan nelayan dan penurunan populasi ikan yang mengakibatkan kurangnya pendapatan nelayan tradisional menurun. sehingga menghasilkan kerugian yang berdampak pada sector kehidupan para nelayan sehingga pemanfaatan terhadap sumber daya laut tidak dapat maksimal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat nelayan tradisional yang berada di pantai gampong jawa, Keucik, sekdes, panglima laut, panglima pukat darat, sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 orang yaitu 8 orang nelayan tradisional tarek pukat. 1 orang keucik, 1 orang sekdes, 1 orang panglima pukat darat, 1 orang panglima laut,  4 orang pengunjung. Data dikumpulkan melalui data wawancara dan data observasi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran panglima laut dalam upaya menjaga pelestarian populasi ikan selama ini dilakukan sudah sangat baik dan maksimal,  dengan adanya system sistem tarek pukat masyarakat dapat terbantu, wilayah tarek pukat darat tidak boleh labuh jaring (Rawet), adanya sanksi adat dan juga hukum negara juga diberlakukan andaikan adanya pelanggaran yang  dilakukan oleh para nelayan, mengatur berbagai hal seperti tidak boleh menembang pohon cemara dikarenakan adanya bayangan, adanya planton, sehingga anak ikan dapat berkembang biak dengan baik dibawah pohon cemara, di samping itu para nelayan tidak diperbolehkan menebang bak aron di tepi pantai karena bak aron mempunyai secara ekologis agar keseimbangan lingkungan terjaga yang bisa menimbulkan daya tarik ikan untuk mendekati kawasan bibir pantai, adanya pengaturan waktu penangkapan ikan melalui system tarek pukat apabila air pasang surut dan cuaca tidak menentu, para nelayan dilarang melakukan peracunan, pembiusan melalui tarek pukat penangkapan ikan  karena dapat merusak ekosistem perairan di kawasan pesisir laut gampong jawa, adanya pelestarian wilayah pesisir pantai gampong jawa dengan cara bergotong royong secara bersama-sama, penyu merupakan salah binatang yang dilindungi di wilayah pesisir gampong jawa para nelayan dilarang menangkapnya, para nelayan sangat mengharapkan bantuan kepada pemerintah, seperti batu/tanggul  yang disebelah barat  di panjangkan agar tidak dangkal sebelah, sumur bor, mushala, serta kamar mandi untuk ganti baju nelayan, serta para pengunjung pantai sangat mengharapkan adanya tempat pembuangan sampah dan adanya mushala agar dapat memudahkan pengunjung untuk melaksanakan sholat. Kata kunci: Panglima laut, Pelestarian, Populasi ikan, Tarek Pukat
KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA 1 PANTE CEUREUMEN ACEH BARAT Rita Oktavia
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 9, No 2 (2022): BIONATURAL: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN BIOLOGI
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan mendalam mengenai pengembangan AR sebagai media pembelajaran oleh guru SMA di Aceh Barat. Dan  mengetahui materi yang dirasa sulit oleh siswa pada pembelajaran Biologi yang diperlukan pengembangan media berbasis AR, khususnya SMA 1 Pante Ceureumen. Penelitian dilaksanakan di SMA 1 Pante Ceureumen Aceh Barat.  Adapun waktu penelitian dilaksanakan pada Juni hingga September 2022. Dikelas XII berjumlah 30 siswa semester 1 tahun ajaran 2021/2022.  Penelitian kuantitatif metode deskritif. Objek pada penelitian ini adalah media AR sebagai media pembelajaran pada pembelajaran Biologi. Sedangkan subjek penelitian adalah sebagai berikut:2 orang dosen sebagai ahli akan memvalidasi instrumen penelitian berupa angket. Dan 5 Guru SMA dan 30 siswa kelas XII SMA Pante Ceureumen sebagai responden yang memberikan respon terhadap media AR. Teknik Pengumpulan Data sebagai berikut angket, validasi, wawancara. Hasil wawancara dari guru memberikan respon positif dalam tindak lanjut pengembangan media pembelajaran  AR sebagai media pembelajaran, untuk pengembangan media ajar berbasisi digitatal dan dapat menggunakan Hp maka media ini tentu dapat mempermudah guru dan siswa untuk lebih memahami  materi  bergambarkan 3D dan soal yang berbentuk 3D. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa terhadap media AR diketahui bahwa 30 siswa tidak mengetahui AR, disekolah belum menggunakan media AR, AR juga belum pernah digunakan pada pembelajaran Biologi. Selanjutnya, topic materi biologi yang dianggap sulit oleh siswa yaitu Rangka dan tulang, organ tubuh manusia, transpor membrane sel, virus, sel-sel darah. Pada topic ini sangat diperlukan media pembelajaran berbasisi Augmented reality (AR). Kata-kata kunci: Augmented Reality, pengembangan media pembelajaran
ANALISIS LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM Ilham Hakiki Harahap; Hasmi Syahputra Harahap
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 9, No 2 (2022): BIONATURAL: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN BIOLOGI
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi sains siswa kelas X di SMA Negeri 2 Kotapinang, serta tingkat kemampuan literasi sains Penelitian ini dilaksanakan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat siswa pada siswa laki-laki dan perempuan. Sampel penelitian berjumlah 107 sisa kelas X dari 107 populasi orang siswa yang terdiri dari 3 kelas di SMA Negeri 2 Kotapinang.  Instrumen penelitian berupa tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemampuan literasi sains siswa kelas X di SMA Negeri 2 Kotapinang tergolong rendah (50,76), tingkat kemampuan literasi sains siswa pada siswa laki-laki diperoleh sebesar (47,78) dan perempuan diperoleh sebesar (52,27) yang sama-sama tergolong rendah. Hasil nilai thitung literasi sains siswa berdasarkan gender  0,188>0,001 dengan selisih -1,326. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa tidak ada perbedaan signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan. Kata-kata kunci : Literasi Sains, Ekosistem.
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI KELAS XI.MIA-2 SMA NEGERI 1 WOYLA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Marzuki Marzuki
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 9, No 2 (2022): BIONATURAL: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN BIOLOGI
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Upaya meningkatkan  hasil belajar siswa melalui penerapan  model  pembelajaran numbered head together pada pelajaran Biologi materi  Sistem Gerak pada Manusia di kelas XI.MIA.2 SMA Negeri 1 Woyla semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat ketuntasan belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together pada pelajaran Biologi materi Sistem Gerak pada Manusia di kelas XI.MIA.2 SMA Negeri 1 Woyla semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: Untuk mengetahui bagaimanakah tingkat ketuntasan belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together pada pelajaran Biologi materi Sistem Gerak pada Manusia di kelas XI.MIA.2 SMA Negeri 1 Woyla semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 3 putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan kegiatan, pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa di kelas XI.MIA.2 SMA Negeri 1 Woyla semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I sampai siklus II yaitu, pra siklus (12,50%) siklus I (62,50%) dan siklus II (91,66%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi penerapan model pembelajaran numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI.MIA.2 SMA Negeri 1 Woyla semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. pada pelajaran Biologi materi Sistem Gerak pada Manusia, serta penggunaan strategi model pembelajaran numbered head together dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran BiologiI tingkat SMA.Kata Kunci : Model Pembelajaran Numbered Head Together, Materi Sistem gerak pada manusia, Pelajaran Biologi

Page 1 of 1 | Total Record : 4